Membuat Halaman Login Dan Logout Menggunakan PHP

Pada tutorial kali ini saya akan mengajarkan bagaimana caranya membuat sistem login dan logout menggunakan PHP. Dalam membuat sistem login dan logout administrator ini kita akan menerapkan variabel $_SESSION pada PHP. Session didalam PHP adalah sebuah variable yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi atau nilai tertentu, sehigga dapat menempung beragam informasi dalam satu nama session. Session ini bersifat global sehingga dapat dipanggil pada semua halaman PHP yang digunakan. Nah dibawah ini saya akan memberikan contoh bagaimana session itu bekerja pada system login dan logout administrator. Langkah-langkah nya sebagai berikut :
Pertama kalian bisa buat 1 folder didalam xampp dan didalam folder htdoc kalian bisa buat folder dengan nama belajar_session, kemudian didalamnya terdapat 4 file PHP dengan nama-namanya proses.php, home.php, index.phplogout.php. Berikut adalah gambaran struktur folder dan file PHP nya :
Kemudian kalian bisa tuliskan baris program dibawah ini untuk membuat tampilan form loginnya di file index.php :
Jika dijalankan maka hasilnya seperti gambar dibawah ini :
Kemudian Pada baris 9, 20, dan 30 difile index.php, kalian bisa tambahkan baris program seperti gambar berikut ini :
Penjelasan :
Pada baris 9 file index.php terdapat syntak isset yang berfungsi untuk mengecek apakah sebuah variable telah diset, jika empty_all atau empty_email maka cetak perintah email wajib diisi. Begitupun dengan password, jika password kosong maka cetak perintah password wajib diisi.
Kemudian, agar pesan error diatas dapat dimunculkan dan proses loginnya berhasil, kalian arus mengetikan baris program berikut di file proses.php :
Jika dijalankan dan kalian mengklik tombol login tanpa mengisikan email dan password, maka akan menghasilkan pesan error sebagai berikut :
Penjelasan :
Pada baris 3 kita melakukan atau memulai sebuah session_start();.
Pada baris ke 5 dan 6 kita menangkap variable email dan variable password yang user isikan.
Pada baris 8 dicek apakah email dan password kosong, jika iya maka akan dikembalikan lagi kehalaman index.php,dan cetak pesan error email wajib isi dan password wajib isi. Seperti gambar diatas.
Pada baris 10 jika email kosong dan password tidak kosong maka cetak pesan error email wajib isi. Seperti gambar berikut :
Pada baris 13 jika email tidak kosong dan password kosong maka cetak pesan error password wajib isi. Seperti gambar berikut :
Kemudian jika kalian mengisikan email dan password tidak sesuai dengan yang sudah ditentukan, seperti email : budi@dumetschool.com dan password : budi maka akan dicetak error incorrect account, seperti gambar dibawah ini :
Sebaliknya jika kalian mengisikan email dan password sesuai dengan apa yang sudah ditentukan, seperti email sama dengan budi@dumetschool.com dan password sama dengan budi, maka akan dimasukkan ke halaman home.php,  seperti gambar dibawah ini :
Baris program untuk halaman home.php nya seperti gambar dibawah ini :
Penjelasan :
Pada baris 3 kita memulai session_start(); kembali.
Pada baris 5 kita mengecek, apakah variable session_email ada jika ada maka masuk ke baris 6 untuk mencetak dihalaman home.php, dan kalian bisa menambahkan sebuah link logout untuk proses logoutnya.
Dan berikut adalah baris program untuk proses logoutnya :
Penjelasan :
Pada baris 3 kita memulai session_start(); kembali.
Pada baris ke 5 kita set nila session nya menjadi kosong.
Pada baris ke 6 dan ke 7 kita unset atau kita hilangkan variable session nya.
Pada baris ke 8 kita hapus sessionnya.
Dan akan dikembalikan kehalaman index.php.
Nah itulah tutorial cara membuat halaman login dan logout menggunakan PHP dengan menerapkan variabel session, mudah bukan teman-teman. Sekian dulu tutorial dari saya sampai ketemu ditutorial berikutnya. Selamat Mencoba teman-teman. Terima Kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Soal pilihan ganda dan essay pemrograman web dan perangkat bergerak

Soal PBO Pilihan Ganda dan Essay SMT 19

SOAL PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO) kelas 12