Kenapa RPL dan Kenapa MM

Apa itu ( RPL ) Rekayasa Perangkat Lunak?

Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)

Awal Mula Rekayasa Perangkat Lunak

Istilah software engineering, pertama kali digunakan pada akhir tahun 1950-an dan sekitar awal 1960-an. Pada tahun 1968, NATO menyelenggarakan konferensi tentangsoftware engineering di Jerman dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1969. Meski penggunaan kata software engineering masuk konferensi tersebut menimbulkan debat tajam tentang aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak, banyak pihak yang menganggap konferensi tersebutlah yang menjadi awal tumbuhnya profesi rekayasa perangkat lunak.

Bagaimana Perkembangan Bidang Rekayasa Perangkat Lunak di Indonesia?

Rekayasa Perangkat Lunak di Indonesia dijadikan sebagai disiplin ilmu yang dipelajari mulai tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sampai tingkatan Perguruan Tinggi. Di tingkat SMK, jurusan ini sudah memiliki kurikulum materi pelajaran sendiri yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan. Rekayasa Perangkat Lunak di tingkat SMK biasanya mempelajari materi materi seperti Bahasa Pemrograman, Desain Web, Pengetahuan tetang Undang Undang HAKI dan ITE, dan sebagainya, tergantung dari sekolah dan kurikulum yang sudah ditetapkan tiap tahunnya.

Mengapa Pilih Rekayasa Perangkat Lunak?

Salah satu alasan kenapa memilih jurusan Reakayasa Perangkat Lunak, antara lain:
1. Hampir semua bidang kerja menggunakan komputer untuk mempercepat pekerjaan nya
    Tokoh Dunia
2. Memperingan segala pekerjaan yang berhubungn dengan System
3. Bisa mempelajari semua hal tentang dalemannya komputer mulai dr bios OS dan juga Hacker (      Hi ngeriii ) tapi hacker yang ndak jahat lho.
4.Yang pasti kita akan dia ajari tentang membuat script dari 0 sampai pinter kalau mau buat web      tinggal jentikkan jari aja he hee kayak punya jin ya maksudnya kita dah bisa dan paham 
Itu dulu semoga semngat ya RPL Bisa..

Kenapa Milih MM ( Multimedia )
Dan di SMK  memilih jurusan MULTIMEDIA. kenapa?  jadi jurnalis yg bisa keliling indonesia buat nyari informasi dan juga pengen bekerja di stasiun TV, kan asik tuh bisa nambah pengetahuan, itulah alasan  kenapa ingin masuk jurusan MULTIMEDIA biar gak “GAPTEK” OK
Ditahun pertama masuk jurusan MULTIMEDIA yg di pelajari adalah desain grafis yaitu dengan menggunakan software Corel Draw, di Corel Draw ini adalah belajar ngegambar dan mendesain semenarik mungkin dengan tool-tool yg ada. Kita bisa bikin desain covermajalah, undangan, kartu nama, booklet, dll. Lalu gw belajar software Adobe Photosopyaitu software tentang editing photo, dimana kita bisa mengedit/mengubah foto dengan memberikan efek-efek khusus pada foto kita agar terliat lebih bagus :D
Dan  belajar software animasi yaitu Swish MX dan Flash MX fungsinya untuk membuat animasi dan presentasi gitu deh, tapi otak ndak boleh lemot belajar software animasi soalnya banyak script yg membuat kepala puyeng he hee Dan juga belajar software 3D MAXyaitu software untuk pemodelan 3dimensi, yg digunakan arsitek untuk bangun gedung atau rumah gitu menarik bukan.....
Ditahun kedua, Akan belajar JOOMLA yaitu membuat sebuah web mulai dari kerangkanya sampai jadi web utuh nah lho kayak sama punyanya RPL kan !!!! dan  juga belajar photographyediting video menggunakan software Ulead Video Studio dan software Adobe Premiere. Disini ( SMK ) belajar bikin video klip musik, iklan dan film pendek gitu loh.. asik dehh..
Ditahun ketiga yg dipelajari yaitu mengulas semua yg dipelajari dikelas 1 dan 2 ,, dan juga ada penambahan yaitu belajar software Camtasia yaitu software untuk membuat video tutorial..
Dan yang paling menegangkan yaitu saat UK (Ujian Kompetensi) yaitu kita akan ditawarin 3 pilihan untuk dipresentasikan diantaranya mengenai Web, Company Profile, dan Video Tutorial.
Udah dulu ya membahas tentang jurusan MULTIMEDIA nya,, pokoknya asikk dan enjoy deh di Multimedia plus menambah pengetahuan banget tentang IT ..
Semangat Terus buat MULTIMEDIA……. !
SMK BISA !!

Comments

Popular posts from this blog

Soal pilihan ganda dan essay pemrograman web dan perangkat bergerak

Soal PBO Pilihan Ganda dan Essay SMT 19

SOAL PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO) kelas 12