Pendaftaran Siswa Baru 2009

PENDAFTARAN SISWA BARU 2009

SMK HASAN KAFRAWI MAYONG JEPARA
No. Telp 02913362385

Nomor : 045/SMK-HK/ V/2009
Lampiran : 1 Berkas
Hal : Panggilan Siswa Berkeahlian
Tahun Pelajaran 2009/2010

Kepada Yth.
Siswa/wi kelas IX SMP/MTs/Sederajat
Di tempat


Assalamu’alaikum, Wr. Wb.

Sehubungan dengan berakhirnya masa sekolah dan ujian akhir tingkat nasional maka kami menginformasikan Penerimaan Siswa Baru kepada para siswa yang berkeinginan untuk melanjutkan Sekolah ke SMK /Sederajat.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara merupakan Lembaga Pendidikan Kejuruan membuka kesempatan kepada para lulusan SMP/MTs/Paket B untuk menjadi siswa baru, dengan program keahlian :

PENDAFTARAN :

Bagi 50 Siswa pendaftar pertama mendapat Fasilitas Internet Gratis di saat mendaftar dan di pandu oleh guru Profesional

1.Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Komputer.
Kehalian yang akan dimiliki :
√ Mampu membuat program aplikasi komputer
√ Mampu menservice program dan hardware komputer
√ Mampu membuat dan mengelola website / Internet
√ Mampu menginstalasi dan merawat jaringan komputer
√ Dibekali dengan pengetahuan dibidang design grafis dan program – program komputer yang dibutuhkan didunia kerja

Fasilitas :

 Laboraturium Komputer
 Online/ Jaringan Internet gratis untuk siswa SMK HK
 Sistem Pembelajaran dengan Audio Visual
 Pembelajaran 40% teori 60% Praktik
 Beasiswa bagi yang siswa berprestasi
 Kerjasama dengan perusahaan komputer
 Model Pembelajaran PAI Integrasi Interkoneksi.
PENDAFTARAN :

 Pendaftaran di mulai Tanggal 1 Juni 2009 s/d 14 Juli 2009
 Tempat di Kantor SMK Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara

Libur hari minggu

Demikian informasi ini disampaikan semoga mendorong semangat untuk segera mendaftar ke SMK Hasan Kafrawi. Atas perhatian saudara diucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

Jepara, 25 Mei 2009
Kepala SMK Hasan Kafrawi



Miftahurroqib, S. Ag.



SKKD

DESKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


KODE : 070
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN
INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN : REKAYASA PERANGKAT LUNAK



1. Definisi

Rekayasa Perangkat Lunak atau Software Engiinering adalah teknologi yang harus digunakan oleh setiap orang yang akan membangun software, dengan melalui serangkaian proses menggunakan sekumpulan metode dan alat bantu


2. Tujuan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak bertujuan untuk :
a. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik
b. Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab
c. Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni
d. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
e. Mendidik Peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.
f. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.


3. Standar Kompetensi Lulusan

1. Kompetensi Umum

a. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
b. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
c. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
d. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
e. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
f. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
g. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
h. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
i. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
j. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
k. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
l. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
m. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
n. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
o. Mengapresiasi karya seni dan budaya
p. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
q. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
r. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
s. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
t. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
u. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
v. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
w. Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya

2. Kompetensi Kejuruan

a. Menguasai Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar
b. Menguasai Algoritma Pemrograman
c. Menguasai pembuatan web statis
d. Menguasai Perancangan Basis Data
e. Menguasai Aplikasi Basis Data
f. Menguasai Pemrograman Visual berbasis Desktop
g. Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer
h. Menguasai bahasa pemrograman visual berbasis desktop
i. Membuat halaman web dinamis
j. Membuat program aplikasi web berbasis object oriented (OOP)
k. Membuat program aplikasi teks dan desktop berbahasa OOP
l. Membuat aplikasi program basis data menggunakan SQL
m. Mengintegrasikan basis data dengan sebuah web
n. Membuat program basis data
o. Membuat program aplikasi web berbasis JSP
p. Membuat Program basis data berbasis XML


4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Kejuruan


A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Merakit Personal Computer (PC)
1.1 Menjelaskan konsep sistem komputer
1.2 Menjelaskan fungsi komponen-komponen/ Pheriferal PC
1.3 Mengidentifikasi keamanan & keselamat Kerja
1.4 Menjelaskan trobleshooting perakitan PC
1.5 Mengidentikasi peralatan merakit PC
1.6 Menguji perakitan PC.
2. Menginstalasi sistem operasi. 3.1 Menjelaskan Klasifikasi sistem operasi
3.2 Mengidentifikasi spesifikasi komputer
3.3 Menginstalasi sistem operasi berbasis teks
3.4 Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI
3.5 Mengistalsi program aplikasi.



B. KOMPETENSI KEJURUAN


Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Menguasai Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar 1.1 Menjelaskan teori kelistrikan
1.2 Mengenal komponen elektronika
1.3 Menjelaskan Konsep Elektronika Digital
1.5. Menjelaskan Sistem Bilangan digital
1.6. Menjelaskan Elektronika Digital untuk Komputer.
2. Menguasai Algoritma Pemrograman Tingkat Dasar
2.1 Memahami struktur algoritma
2.2 Membuat alur logika pemrograman
2.3 Membuat diagram alir pemrograman
2.4 Menjelaskan varian dan invariant
2.5 Menerapkan pengelolaan array.
3. Menguasi Algoritma Pemrograman Tingkat Lanjut 3.1 Mengunakan array multi dimensi
3.2 Menggunakan Prosedure dan Fungsi
3.3 Menggunakan library pemrograman grafik.
4. Menguasai dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar 4.1 Menjelaskan konsep dasar dan teknologi Webpage
4.2 Menjelaskan struktur dokumen HTML
4.3 Menambahkan objek
4.4 Membuat tabel
4.5 Membuat Link
4.6 Menyimpan dokumen
4.7 Menguji dokumen.
5. Menguasai Perancangan Basis Data 5.1 Mengidentifikasi struktur hirarki basis data
5.2 Menjelaskan Entity Relationship Diagram (ERD)
5.3 Menerapkan Normalisasi Basis Data
5.4 Menjelaskan Data Flow Diagram (DFD)
5.5 Menjelaskan Database Manajemen System (DBMS).
6. Menguasai Aplikasi Basis Data 6.1 Menjelaskan Jenis perintah SQL
6.2 Membuat tabel
6.3 Menerapkan query
6.4 Membuat Form
6.5 Menerapkan macro
6.6 Membuat report.
7. Menguasai Pemrograman Visual berbasis Desktop 7.1 Menjelaskan IDE aplikasi bahasa pemograman
7.2 Menjelaskan objek aplikasi bahasa pemograman
7.3 Menjelaskan komponen aplikasi bahasa pemograman
7.4 Menjelaskan tipe file
7.5 Mengeksekusi aplikasi.
8. Membuat paket software aplikasi berbasis desktop 8.1 Menjelaskan menu aplikasi
8.2 Menyiapkan sistem komputer
8.3 Mendemonstrasikan aplikasi paket installer
8.4 Menyimpan installer aplikasi
8.5 Menghubungkan aplikasi dengan basis data.
9. Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer 8.1 Menjelaskan fungsi periferal jaringan komputer
8.2 Mengidentifikasikan ketersambungan jaringan
8.3 Mengidentifikasikan pemutusan jaringan
8.4 Mengoperasikan aplikasi jaringan komputer.
10. Menguasai bahasa pemrograman SQL tingkat dasar 10.1 Menjelaskan konsep pengoperasian bahasa pemrograman data deskripsi (SQL) tingkat dasar
10.2 Mempersiapkan perangkat lunak aplikasi data deskripsi/SQL
10.3 Mengenali menu aplikasi SQL
10.4 Membuat tabel
10.5 Mengoperasikan tabel dan table view.
11. Menguasai bahasa basis data SQL tingkat lanjut 11.1 Menentukan formula pembentukan data dengan batasan waktu
11.2 Membuat prosedur dan fungsi
11.3 Menulis kode program pembangkitan data dengan batasan waktu
11.4 Membuat Trigger
11.5 Mengoperasikan Trigger
11.6 Mengoperasikan Commit dan Roolback data table.
12. Membuat halaman web dinamis tingkat dasar 12.1 Menjelaskan konsep pembuatan halaman web dinamis tingkat dasar
12.2 Mempersiapkan lingkungan teknis
12.3 Membuat halaman web dinamis
12.4 Menambahkan fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
12.5 Menguji halaman web dinamis
12.6 Mengakhiri halaman web dinamis.
13. Membuat halaman web dinamis tingkat lanjut 13.1 Menjelaskan konsep pemrograman web dinamis tingkat lanjut
13.2 Mempersiapkan pembuatan aplikasi
13.3 Membuat web menggunakan bahasa script.
14. Menguasai bahasa pemrograman object oriented 14.1 Menggunakan tipe data data control program
14.2 Membuat program object oriented dengan class
14.3 Membuat program object oriented dengan inheritance, polimorphy, overloading, dan friends
14.4 Membuat program object oriented dengan interface dan paket
14.5 Mengkompilasi program object oriented.
15. Membuat program aplikasi web berbasis object oriented (OOP) 15.1 Menjelaskan File I/O (Input/Output), tipe data dan variable pada Java
15.2 Menjelaskan Exception Handling
15.3 Menerapkan Multi-threading
15.4 Menjelaskan Applet
15.5 Menerapkan konektivitas basis data.
16. Membuat program aplikasi teks dan desktop berbahasa OOP 16.1 Menjelaskan dasar - dasar pemrograman
16.2 Menerapkan fungsi
16.3 Menerapkan pointer
16.4 Menerapakan konsep class
16.5 Merancang aplikasi berorientasi objek.
17. Membuat aplikasi program basis data menggunakan SQL 17.1 Menjelaskan kebutuhan software
17.2 Membuat Entity Relationship Diagram (ERD)
17.3 Membuat Data Flow Diagram (DFD)
17.4 Mempersiapkan lembar kerja Basis Data
17.5 Menggunakan sintaks-sintaks khusus SQL
17.6 Membuat Query Basis Data.
18. Mengintegrasikan basis data dengan sebuah web 18.1 Menjelaskan pengintegrasian sebuah basis data dengan sebuah situs web
18.2 Mempersiapkan basis data
18.3 Membuat login pada basis data
18.4 Membuat koneksi basis data pada web
18.5 Menguji konektivitas basis data pada web.
19. Membuat program basis data 19.1 Menjelaskan Konsep pembuatan DBMS berbasis Client - Server
19.2 Menggunakan TSQL
19.3 Menggunakan stored procedures
19.4 Menggunakan triggers
19.5 Menerapkan Administrasi SQL
19.6 Menjelaskan struktur program aplikasi
19.7 Menerapkan PL/SQL.
20. Membuat program aplikasi web berbasis JSP 20.1 Menjelaskan kebutuhan software
20.2 Menjelaskan dasar-dasar JSP
20.3 Membuat aplikasi web berbasis JSP
20.4 Menyiapkan server untuk aplikasi web berbasis JSP
20.5 Menyimpan state (kondisi) ke dalam server dan client.
21. Membuat Program basis data berbasis XML 21.1 Menjelaskan Konsep EXtensible Markup Language;
21.2 Menjelaskan sintak XML;
21.3 Menerapkan Data Presentation.


5. Ruang Lingkup Pekerjaan


No Lapangan Pekerjaan Lingkup Pekerjaan
1 Software House • Operator software aplikasi spesifik
• Pelaksana pemrograman software aplikasi spesifik
2 Penyelenggara Jasa Internet • Operator software aplikasi spesifik
• Maintainer software aplikasi spesifik
3 Perkantoran yang menggunakan peralatan komputer • Operator software aplikasi spesifik
• Maintainer software aplikasi spesifik
4 Aneka industri yang berbasis peralatan komputer pada skala industri kecil, menengah dan besar • Operator software aplikasi spesifik
• Maintainer software aplikasi spesifik
• Pelaksana pemrograman software aplikasi spesifik
5 Wiraswasta • Maintainer software aplikasi spesifik
• Pelaksana pemrograman software aplikasi spesifik




6. Program pembelajaran (Kurikulum)
a. Durasi
Lama waktu pembelajaran untuk Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di selenggarakan selama 4 Tahun

b. Subtansi Pembelajaran
1) Mata pelajaran

A. Dasar Kompetensi Kejuruan
a. Dasar Teknik Elektronika & Teknik Digital Komputer
b. Perakitan Komputer & Sistem Operasi

Kompetensi Kejuruan
a. Dasar Pemograman
b. Perancangan Web Statis
c. Sistim Basis Data Dasar
d. Pemograman Berbasis desktop
e. Sistem Operasi Jaringan Komputer
f. Sistim Basis Data Lanjut
g. Perancangan Web Dinamis
h. Pemograman berorientasi Objek
i. Pemograman antarmuka
j. Basis data terdistribusi/ server
k. Basis data web
l. Teknologi Web
2) Muatan Lokal
a. Desain Grafis & Animasi
b. Bahasa Jepang

3) Muatan Lokal Pengembangan Diri
a. Kepemimpinan
b. Kesenian


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Soal pilihan ganda dan essay pemrograman web dan perangkat bergerak

Soal PBO Pilihan Ganda dan Essay SMT 19

SOAL PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO) kelas 12